Senin, 27 Agustus 2012

A MASTERPIECE!! pt.5

DAVID FINCHER



People will say, 'There are million ways to shoot a scene', but I don't think so, I think there are two, Maybe, and the other one is Wrong.


Ada alasan tersendiri mengapa gambarnya menghiasi background profile twitter saya. ya tidak diragukan lagi ia berbakat, ia adalah sutradara dengan dasar-dasar ilmu film, penggunaan kamera dan hal-hal teknis lain yang sempurna, sehingga setiap filmnya terlihat baik. kelebihannya dalam unsur teknis sinematografi membuat ia tidak hanya dipercaya sebagai sutradara film, tetapi juga video klip beberapa musisi ternama seperti Aerosmith, Madonna dan Michael Jackson.


David lahir pada tahun 1962 di Denver, Colorado, dasar ilmu perfilman yang kuat didapat saat ia berumur 18 tahun dengan bekerja di Korty Films di California. teknis sinematografinya semakin sempurna setelah ia bekerja di ILM (Industrial Light and Magic) dari tahun 1981-1983.

Memulai pekerjaannya sebagai sutradara iklan, dan setelahnya mendirikan Propaganda Films bersama Dominic Sena,Greg Gold, dan Nickel Dick. Job yang ia dapat lebih banyak membuat iklan dan video klip.
dan memulai debut penyutradaraan dengan menggarap franchise Alien 3 (1992) yang dianggap gagal.

Tapi orang hebat dengan ide hebat tidaklah akan menyerah begitu saja, imajinasinya begitu luas dan juga didukung teknis yang mumpuni. Ia pun kembali dengan se7en(1995) dan Fight Club(1999) yang membuat namanya meroket, karena ide cerita orisinilya yang melibatkan tokoh imajiner pada kedua film tersebut masih banyak ditiru pada film-film sekarang.

Ia benar-benar hebat dari segi teknis, ia menemukan teknologi Fluid Tracking Camera untuk film, yang memungkinkan pengambilan gambar yang halus walaupun adegan sedang berlangsung cepat. sehingga setiap situasi yang sedang dialami karakter terlihat begitu halus dan realistis. dan bisa disimpulkan ia lebih mengandalkan teknis daripada dialog di kebanyakan filmnya.

HIS MASTERPIECE SO FAR :



Welcome to the Fight Club, The first rule of the fight club is : you do not talk about fight club. The second rules is : you DO NOT!! talk about fight club.(Tyler Durden)

Jalan cerita yang diawali dengan kebosanan seorang pekerja kantoran biasa The Narrator( Edward Norton), bertemu dengan tukang sabun gila bernama Tyler Durden (Brad Pitt). berdua membuat kegilaan dengan mendirikan sebuah underground fight club.

Film ini bukan hanya sekedar tentang pekerja yang bosan dan melampiaskan emosinya dengan underground fight. tapi juga menceritakan eksplorasi sisi psikologis manusia. Diceritakan dengan baik, sangat baik oleh David. Ide yang dituangkan di film ini bisa dibilang langka pada jamannya. Didukung teknis yang luar biasa, film dengan jalan cerita sederhana tapi 'out of the box' ini memantapkan posisi David Fincher sebagai salah seorang sutradara jenius dunia. dan yang terakhir tolong jangan cerita endingnya kepada orang lain yg belum menontonnya, please pay respect to David. karena sungguh sangat sulit membuat film sehebat ini, jangan hilangkan esensinya.

1 komentar: